Kamis, 25 November 2010

Klasifikasi makanan organic

Klasifikasi Makanan

Makanan sehari-hari kita dapat dikelompokkan / diklasifikasi menjadi kelas-kelas 1–bintang sampai dengan 5-bintang (kelas terbaik) berdasarkan cara cara produksi makanan tersebut

Penghargaan

Kelas

Cara Pertanian

1 Bintang

Kelas Konvensional

Pengaturan makanan dan obat-obatan pusat Amerika (FDA) menentukan dosis penggunaan racun tumbuh-tumbuhan, obat-obatan dan bahan bahan kimia (pupuk, racun binatang perusak, hormon dan racun serangga perusak kimia) secara ketat.

Pada waktu penanaman pertanian atau peternakan, produk-produk yang mematuhi peraturan pemakaian dosis penggunaan racun tumbuh-tumbuhan, obat-obatan dan bahan kimia pertanian akan dianugerahi penilaian bintang 1

2 Bintang

100% Kelas Semua Murni

Produk-produk pertanian kelas Konvensional, setelah diperas menjadi jus sayur sayuran dan buah-buahan tanpa dicampur air , namun mendapat tambahan gula secukupnya yang diijinkan (misalnya pada saat penanaman pohon jeruk jika dosis penggunaan racun binatang perusak dan bahan kimia pertanian mematuhi peraturan pemakaian , jus jeruk 100% yang diperas dari buah jeruk diijinkan untuk ditambah gula secukupnya namun tidak ditambah dengan air). Produk ini akan dianugerahi peniilaian bintang 2.

3 Bintang

Kelas Peralihan 3-Tahun

Seseorang yang akan memulai pertanian atau peternakan organik harus mengajukan permohonan kepada Kementerian Pertanian, Pemerintah Amerika Serikat. Kementerian ini akan menguji sisa-sisa racun, binatang perusak dan bagian bagian bahan kimia tanah dan tanah tersebut harus tidak digunakan / dibiarkan selama 3 tahun.

Jika seseorang akan memulai pertanian segera tanpa menggunakan racun binatang perusak dan bahan kimia pertanian , hasil tanaman selama jangka waktu peralihan sebelum mencapai masa peralihan 3 tahun akan dianugerahi penilaian bintang 3.

4 Bintang

Kelas Ekologi

Pada akhir jangka masa 3 tahun, tanah akan bebas dari sisa-sisa bahan kimia. Jika racun binatang perusak dan bahan kimia tidak digunakan dalam pertanian, terkena debu-debu yang beraasal dari pabrik dengan jarak 30 km dari tanah pertanian atau tanah-tanah pertanian yang bersebelahan dengan tanah pertanian tersebut masih menggunakan racun tumbuhan obat-obatan, maka hasil pertanian akan tercemar secara tidak lanngsung . Hasil yang diproduksi dalam keaadaan ini akan dianugerahi penilaian bintang 4.

5 Bintang

Kelas Organik

Pertanian organik memerlukan jangka waktu tanah dibiarkan / tidak digunakan selama 3 tahun. Sama sekali tidak menggunakan obat.

Hasil yang diproduksi setelah tanah dibiarkan / tidak digunakan untuk jangka waktu masa 3 tahun, tanapa adanya sumber pencemaran dalam jarak 30 km dari tanah pertanian, pengawasan terhadap masyarakat yang tinggal disekitarnya, kecepatan kendaraan yang keluar masuk tanah pertanian yaitu hanya 8 km per jam serta penggunaan racun pertanian binatang perusak dan bahan kimia pertanian yang sangat dilarang akan dianugerahi penilaian bintang 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar